Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek Arahkan Penyelesaian Perkara Melalui Konsep ADR

0

Polres Trenggalek – Sebagai Aparatur Negara penegakan hukum, Kepolisian Sektor Watulimo Polres Trenggalek dituntut untuk menunjukkan perannya dimana harus peka terhadap permasalahan yang ada di masyarakat.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Saiful Rokhman, S.H. yang kali ini mendapati permasalahan terkait pencurian buah kelapa yang terjadi di kawasan hutan negara petak 121 blok Karangsono Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo Trenggalek pada dua minggu yang lalu.

Setelah melalui berbagai pertimbangan, dialog dan meditasi, Jumat (11/8/2017) pagi ini bertempat di ruang Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek kedua belah pihak yakni pelopor Kepala Resort Pemangkuan Hutan (KRPH) Prigi dan terlapor berinisial AS (26 th) serta MY (32th) sepakat untuk menyelesaikan secara Alternatif Dispute Resolution (ADR) atau kekeluargaan yang berprinsip pada musyawarah mufakat dengan AKP Saiful mediatornya.

“Tidak semua permasalahan harus selalu diselesaikan melalui jalur peradilan pidana, kami upayakan penanganan kasus pidana yang mempunyai kerugian material kecil, penyelesaian dapat diarahkan melalui konsep ADR” ujar Saiful.

Bukan hanya Kapolsek, mediasi permasalahan juga diikuti Kanit Reskrim Polsek Watulimo, Mandor Perhutani dan Kades Karanggandu Hj. Umtingah beserta Sekdes sebagai saksi.

Kemudian kedua terlapor membuat surat pernyataan telah menyadari kesalahannya, bersedia dan berjanji untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi dengan mengetahui Kades Karanggandu.

“Semoga dengan dialog dan mediasi ini dapat menciptakan penyelesaian perkara yang adil dan seimbang bagi pelapor dan terlapor” pungkas Kapolsek.

Bagikan.

Tentang penulis

Handoko

Berdinas di Polres Trenggalek. Berupaya menjadi insan Polri yang bermanfaat bagi sekitar

Tinggalkan Balasan