Polres Bojonegoro Antisipasi Kebakaran Hutan

0

Bojonegoro – Sekurangnya 18 hektare hutan di Bojonegoro terbakar selama musim kemarau ini, hal ini diungkapkan oleh Kepala Adminisratur Peruhutani Bojonegoro, Daniel B Cahyono di kantornya Sabtu, (12/08/2017) pagi tadi. Jumlah tersebut belum termasuk kebakaran hutan dan lahan yang terjadi hari ini.


“Saat ini hutan yang terbakar kurang lebih seluas 18 hektare, namun sebenarnya bukan jatinya yang terbakar namun rontokan daun hutan jati,” ungkap Daniel B Cahyono kepada awak media ini.

Menurut dia, beberapa minggu lalu dan, hutan Bojonegoro mengalami kebakaran, faktor penyebab utama terjadinya kebakaran hutan tersebut menurut Daniel paling sering dikarenakan ada warga yang membuang putung rokok sehingga membakar daun pohon jati yang kering dan merluas. Saat musim panas dan angin kencang seperti sekarang ini, api kemudian merambat kedalam hutan. 

“Penyebab kebakaran kebanyakan karena ada orang yang sembarangan membuang putung rokok dan ada juga orang yang sengaja membakar semak belukar, kata Daiel.

Daniel mengimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi melakukan tindakan tersebut karena bukan hanya merugikan pemerintah dan masyarakat akan tetapi juga diri sendiri.

Pihaknya berharap pada masyarakat sekitar hutan untuk bersama-sama menjaga kelestarian hutan dan membantu petugas perhutani untuk mengawasi jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran hutan. “Laporkan jika ada orang yang sengaja membakar hutan.” harapnya. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi pada lokasi Area Produksi Benih (APB) petak 103A RPH Sambirejo BKPH Bubulan KPH Bojonegoro, masuk Desa Setren Kecamtan Ngasem Kabupaten Bojonegoro, pada Sabtu (12/08/2017) mulai pukul 12.45 WIB hingga pukul 13.40 WIB siang tadi. Luas lahan yang terbakar diperkirakan seluas 2,5 hektare dari luas baku 16,5 hektare. 

Selain itu, pada waktu yang hampir bersamaan, dilaporkan juga telah terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di petak 12 RPH Dander BKPH Dander KPH Bojonegoro, di Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro.

Bagikan.

Tentang penulis

Tinggalkan Balasan