Sasirangan: Public Trust Command Goes To Books Store

0

Banjar – Seperti diketahui, Kepolisian Republik Indonesia memiliki visi Promoter, profesional, modern dan terpercaya selain itu Polri juga dituntut untuk melek IT dan inovatif. Hal ini membuat seluruh jajaran Polri, khususnya Polda Kalimantan Selatan dalam peningkatan pelayanan pada masyarakat menciptakan sebuah inovasi teknologi berupa aplikasi yang disebut “Sasirangan”.

Sasirangan adalah inovasi teknologi dalam aplikasi berguna untuk mempermudah dalam pelayanan masyarakat khususnya di wilayah Polda Kalimantan Selatan.

“Perkembangan lingkungan strategis berupa arus globalisasi dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menjadi tantangan kepolisian untuk dapat mengimbangi perkembangan teknologi yang semakin pesat. Melihat perkembangan situasi tersebut maka Polri terus berbenah dan melakukan berbagai terobosan melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi khususnya dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, melalui modernisasi yang didukung dengan teknologi, selain itu buku “Sasirangan” telah lengkap memuat cikal bakal dan historis bagaimana awal ide aplikasi “Sasirangan” Polda Kalsel -Brigjen Pol Rachmat Mulyana-

Setelah aplikasi sasirangan ini terwujud, selanjutnya untuk menemperkenalkan pada masyarakat Kalsel selain pada Alat komunikasi telepon genggam, sasirangan dikemas dalam sebuah buku yang berjudul ” Sasirangan : Publicly Trust Command”.

Tak selang lama, buku ‘Sasirangan: Public Trust Command’, yang dilaunching Kapolda Kalimantan Selatan, Brigadir Jenderal Polisi Rachmat Mulyana, per tanggal 7 April 2018, kini telah menyapa toko buku di seluruh Indonesia.

Seperti diketahui, awalnya Sasirangan bukan nama sebuah judul buku. Sasirangan merupakan terobosan inovasi Polda Kalimantan Selatan dalam rangka menciptakan polri yang promoter sesuai dengan visi Kapolri. Namun, seiring berjalannya waktu, terobosan tersebut tidak hanya berwujud aplikasi semata. Di tangan dingin Dien Albanna, Sasirangan bisa berwujud menjadi sebuah buku yang mengulas banyak hal terkait kiprah Brigadir Jenderal Polisi Rachmat Mulyana, tatkala menahkodai kepolisian di Kalimantan Selatan.

Tak hanya perihal terobosan aplikasi Sasirangan yang diulas sang penulis. Dien Albanna—yang merupakan penulis terkait kiprah kepolisian—juga mengulas maksud di balik Commander Wish Kapolda Kalsel secara gamblang akan sebuah pesan tersirat dari Sasirangan.

Tentu saja, buku Sasirangan karya Dien Albanna tersebut, tidak hanya ditujukan kepada Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Semata. Pada buku tersebut, masyarakat juga bisa menemukan edukasi, motivasi, bahkan ajakan penulis untuk berpikir terkait fenomena yang terjadi pada negeri ini. Pada tulisan Dien Albanna itu, pembaca disuguhkan bagaimana makna dari sebuah komando kepala kepolisian daerah dalam rangka mensukseskan pengaman kamtibmas di wilayah hukumnya.

“Sasirangan: Public Trust Command”, bukan hanya buku yang mengulas tentang kiprah kepolisian semata. Jauh daripada itu, buku yang berjumlah 188 halaman itu, juga merupakan sebuah wahana yang mengajak kepada masyarakat untuk berpikir dan bersinergi dalam rangka menciptakan rasa aman dan damai. Begitu pula terkait kritikan terkait kiprah kepolisian, tak pelak diulas penulis dalam buku yang kini telah beredar di toko buku seluruh Indonesia tersebut. (Tian)

Bagikan.

Tentang penulis

Tinggalkan Balasan